Senin, 26 Desember 2011

Review Nokia 500 | Kelebihan Dan Kekurangan Nokia 500

 Review Nokia 500 | Kelebihan Dan Kekurangan Nokia 500 - Pilihan Warna: Black/White dengan Casing Tambahan Black, Azure Blue, Coral Red, Purple, Khaki, Orange, Green, Pink, Silver.

Review Nokia 500 | Kelebihan Dan Kekurangan Nokia 500


Baterai: Li-Ion 1110 mAh (BL-4U), Pemakaian aktif bertahan selama 2 hari

Disaat ponsel ber-sistem operasi lain tengah hijarh ke dual core, Symbian Anna anyar ini baru menginjak angka clock speed 1 Ghz. Itu pun sudah paling cepat di kelasnya. Sejatinya Nokia 500 dapat menjalankan fungsi-fungsi Anna dengan lebih baik dari pendahulunya.

Desain

11,13 x 5,38 x 1,41 Cm, Weight : 93 gram

Bicara tentang ukuran, Nokia 500 punya dimensi yang memanjang. Sehingga lebarnya sangat nyaman ditangan. Dominasi material plastic membuatnya terlihat seperti ponsel murah. Beruntung penggunaan plastiknya cukup tebal sehingga. Kesan kokoh masih terasa. layar kaca menggunakan bingkai hitam glossy jadi siap-siap untuk selalu membersihkan sidik jari.

Casing belakang yang bermaterial Plastic Dof dan dibuat agak melengkung membuatnya cukup mencengkram, sehingga tidak perlu khawatir untuk terlepas dari genggaman tangan. Dipaketkan dengan 3 casing belakang tambahan secara gratis membuat pengguna dapat menggonta-ganti tampilan ponsel jika bosan datang. Yaitu dengan warna Biru, Merah dan Hitam.

Layar

TFT capacitive touchscreen, 16M colors; Size 360 x 640 pixels, 3.2 inches (~229 ppi pixel density)

Resolusi layar cukup memenuhi kebutuhan. Karena backlight cahayanya terbilang cerah. Kecerahan Warna dan pencahayaannya dapat memanjakan mata. Hal ini dapat membantu pengguna dalam menampilkan tampilan foto atau video yang diambil melalui ponsel.

Sayangnya diluar ruangan kurang nyaman digunakan karena Anda harus mengatur kecerahan maksimum agar lebih terlihat.

OS Dan Interface

OS: Symbian Anna; CPU : 1 GHz ARM 11 processor; Accelerometer sensor for auto-rotate

Nokia mengklaim 500 akan mendapatkan OS Symbian Belle, namun itu akan terjadi pada akhir tahun. Jadi untuk sementara pengguna akan disuguhkan dengan OS Symbian Anna. Dengan menggunakan prossesor 1GHz Nokia terasa cukup nyaman digunakan.

Anna yang dimiliki oleh 500 memang tidak menambahkan beberapa perubahan yang membuat Symbian lebih baik dari pendahulunya. Nokia hanya mengubah tampilan pada input teks, tapi itupun masih belum cukup nyaman digunakan karena tampilan tuts sangat kecil. Selain itu juga ada perubahan pada browser, meskipun perubahan kecepatan browsing masih sama saja.

Homescreen pada Symbian Anna terdiri dari tiga panel. Anda dapat untuk mengisinya dengan widget sesuai keinginan. Tetapi Anda masih tidak dapat memiliki lebih dari tiga.

Kamera

5 MP, 2592?1944 pixels, Geo-tagging, Video VGA@15fps.

Tidak hadirnya fitur autofokus menurunkan kemampuan kamera Nokia 500. Terlebih lagi dengan ketiadaan lampu Flash LED. Yang tersedia hanya beberapa shortcut pengambilan foto dan tombol switching untuk camcorder dan pengaturan zoom digital.

Beberapa pengaturan dapat diakses melalui menu option. Didalamnya terdapat pengaturan ISO brightness, White Balance, Tone color dan Exposure. Selain itu ada juga fitur face detection dan geotagging, itu memungkinkan Anda merekam lokasi foto yag diambil dengan menggunakan bantuan built-in GPS.

Selain untuk mengambil foto bisa juga untuk merekam video. Sayang belum mendukung kemampuan hasil perekaman berukuran High Definition. Kualitas video juga mengecewakan dan kurang detail, kompresi tinggi dan tingkat ukuran video terbilang rendah kami menilainya sangat mengecewakan.

Hasil Kamera

Hasil foto memang tampak hebat pada layar ponsel. Karena selain lebar layarnya juga cerah,. Namun sayang masih ada terlihat noise disana-sini, apalagi saat mengambil foto dalam keadaan foto diruang yang gelap.

Koneksi dan internet

HSDPA, GPRS, EDGE , 14.4 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps, Wi-Fi 802.11 b/g, Bluetooth v2.1 with A2DP, EDR, microUSB

Untungnya Nokia 500 punya koneksi broadband yang maksimal saat ini. Kemampuannya untuk browsing terbilang cukup baik. Baik menggunakan jaringan HSDPA maupun saat menggunakan Wifi.
Tidak hanya itu kemampuan koneksi lainnya juga dapat berfungsi dengan baik dan sempurna

Multimedia

Musik player, Video player, Photo editor, Video Editor

Untuk fitur music playernya, Symbian tidak pernah mengalami kesulitan. Apalagi kali ini nokia mengemasnya dengan tampilan yang lebih mengesankan.
Didalamnya terdapat penyortiran secara otomatis mulai dari artis, genre album, dan pilihan untuk membuat playlist dan kostumisasi langsung di telepon. Mendukung beberapa jenis format membuat anda tidak sulit untuk memasukan lagu didalam memorinya, apalagi didukung dengan preset equalizer dan efek yang cukup lengkap.

Sayangnya fitur video playernya tidak mengekor dengan kualitas yang lebih baik. Karena meski sudah mampu memutar format file jenis DivX, XviD and MP4, tapi masih belum mampu memutar file yang lebih besar atau berukuran HD dengan resolusi 720p. karena hanya mampu memutar hanya sebatas.

Social App

Facebook, twitter, Ovi Store

Nokia 500 hadir dengan integrasi jejaring social melalui aplikasi Social App. Dengan Sosial App Anda dapat mendukung jejaring yang paling popular seperti Facebook dan Twitter.

Pada bagian Facebook menawarkan pilihan yang luas dengan mudah digunakan, dengan penggunakan interface sentuhan yang optimal membuat posting status update lebih mucah apalagi saat melampirkan foto atau video yang bisa langsung Anda ambil. Serta menambahkan informasi geo-tagging.
selain itu juga ada Twitter Ada tombol yang berguna untuk mempersingkat link dan Anda dapat melampirkan foto dan video ke tweets.

Untuk menambahkan aplikasi lainnya bisa Anda download dan Install dari Ovi Store dengan memasukan akun Ovi.

Ovi Maps

GPS Reciever, Ovi Maps

Nokia 500 datang dengan built-in GPS receiver, sehingga mampu mengatur dan mengunci satellite GPS pada lokasi Anda saat ini. Bahkan saat Ovi Maps Dijalankan, dalam durasi dua minutes, maka lokasi anda sudah dapat di ketahui.

Didukung oleh Ovi Maps, yang mempu memberikan navigasi gratis, Anda tidak perlu khawatir akan tersedot pulsa saat menggunakanya. Karena sebelum menggunakannya anda akan mendapatkan pilihan untuk menjalankan secara Online atau Offline. Apalgagi didukung dengan panduan suara yang tersedia di lebih dari 70 negara dan lebih dari 40 bahasa yang berbeda, bahkan dengan informasi lalu lintas.

Dengan Ovi Maps 3.06 Anda mendapatkan tiga mode tampilan yang berbeda termasuk peta satelit dan terain. Namun mereka perlu koneksi internet. Untuk mode regular anda dapat menggunakan tampilan 2D dan 3D juga di tangan dan dapat digunakan dengan peta preloaded. Dimulai dengan v3.06 dapat men-download peta secara langsung dari ponsel.

Kelebihan Nokia 500
OS Symbian Anna
Koneksi mumpuni
Video dan Photo Editor
Layar Jernih

Kelebihan Nokia 500
Hasil kamera kurang bagus
Video Player tidak support HD

Kesimpulan:
Meski menggunakan prosesor cepat, jika dibandingkan dengan ponsel lainnya masih terasa sama saja dengan ponsel nokia terdahulu. Hasil Kamera kurang sempurna apalagi saat mengambil diruang yang gelap. Tidak hanya itu video playernya juga tidak support untuk meminkan video dengan kualitas HD. Beruntung nokia punya Ovi Maps yang memiliki kemampuan luar biasa dari segi peta dan navigasi.

http://m.tabloidpulsa.co.id/artikel/44/2529

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

© 2013 ™Tutorial-Tutorial | Tips and Trik | Cheat-Cheat | Tips Ebook | Info-Info™. All rights resevered | Share on Blogger Template Free